20 April 2015 | Kegiatan Statistik
1.1 Latar Belakang
Survei
Penduduk Antar Sensus (SUPAS) adalah survei yang tujuan utamanya mengestimasi
jumlah penduduk dan indikator demografi diantara dua waktu sensus penduduk.
Badan Pusat Statistik (BPS) telah empat kali melakukan SUPAS, yaitu tahun 1976,
1985, 1995 dan 2005. SUPAS2015 merupakan SUPAS yang kelima yang dilaksanakan
BPS.
SUPAS mengumpulkan data kependudukan
yang mencakup: keterangan pokok penduduk, lansia, kelahiran, kematian, kematian
ibu, perpindahan penduduk, ketenagakerjaan, perumahan dan keadaan tempat
tinggal. Pada SUPAS2015, ditambahkan informasi mengenai: migrasi keluar
internasional, perubahan iklim, dan disabilitas.
Kegiatan
SUPAS2015 telah dimulai sejak tahun 2013 yaitu dengan rangkaian persiapan
penyusunan kuesioner dan buku petunjuk teknis. Kuesioner dan buku petunjuk
teknis tersebut telah disusun melalui berbagai diskusi dan workshop,
dengan mempertimbangkan masukan dari
para pengguna data dan pakar kependudukan. Pada tahun 2014 telah dilakukan uji
coba SUPAS2015 di tiga provinsi, yaitu: Provinsi Sumatera Barat (Kota Padang);
Provinsi DI Yogyakarta (Kabupaten Bantul); dan Provinsi Sulawesi Utara (Kota
Manado).
Uji coba
SUPAS2015 menerapkan seluruh tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan pada
SUPAS2015. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menguji rancangan prosedur,
tata kerja dan organisasi lapangan, rekrutmen petugas, kuesioner,
menyempurnakan rancangan buku petunjuk teknis, program pengolahan data dan
berbagai aspek administratif.
Hasil kegiatan
uji coba SUPAS2015 dievaluasi dan menjadi bahan yang dibawa pada rangkaian
diskusi, workshop, dan
seminar yang dihadiri oleh para pengguna data serta pakar kependudukan, untuk
menyempurnakan metodologi, kuesioner, buku petunjuk teknis, pengolahan, serta
diseminasi hasil SUPAS2015. Puncak kegiatan SUPAS2015 dilakukan pada Mei tahun
2015 yaitu dilaksanakannya pemutakhiran rumah tangga dan pencacahan rumah
tangga sampel secara lengkap untuk seluruh wilayah sampel yang tersebar di
Indonesia.
1.2 Tujuan
SUPAS2015
SUPAS2015
bertujuan untuk:
1. Memperkirakan jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk.
2. Menyediakan data untuk penghitungan parameter fertilitas, meliputi angka kelahiran total (TFR), angka kelahiran kasar (CBR), rasio ibu-anak (CWR), angka kelahiran menurut kelompok umur (ASFR), dll.
3. Menyediakan data untuk penghitungan parameter migrasi, meliputi migrasi semasa hidup, migrasi risen, migrasi internasional, dll.
4. Menyediakan data untuk penghitungan parameter mortalitas, meliputi angka kematian kasar (CDR), angka kematian bayi (IMR), angka kematian balita (U5MR), dan angka kematian ibu (MMRatio).
5. Memperbaharui proyeksi penduduk yang telah disusun sebelumnya.
6. Menyediakan data yang dapat digunakan untuk perencanaan dan evaluasi berbagai program pemerintah.
1.3
Cakupan
Wilayah
SUPAS2015
dilaksanakan di seluruh Indonesia. Jumlah sampel yang dicakup adalah 40.750
blok sensus (BS) dengan jumlah rumah tangga sampel sebanyak 652.000.
1.4
Cara
Pencacahan
Pencacahan
penduduk pada kegiatan SUPAS2015 dilakukan dengan cara de
jure dan de
facto. Konsep de
jure digunakan untuk mencatat
seseorang biasanya menetap/bertempat tinggal (usual
residence). Penduduk yang
bertempat tinggal tetap dicacah dimana mereka biasanya bertempat tinggal.
Penduduk yang sedang bepergian 6 bulan atau lebih, atau yang telah berada pada
suatu tempat tinggal selama 6 bulan atau lebih, dicacah dimana mereka tinggal
pada saat pencacahan. Penduduk yang menempati rumah kontrak/sewa
(tahunan/bulanan) dianggap sebagai penduduk yang bertempat tinggal tetap.
Konsep de facto digunakan
untuk mencatat penduduk dimana ditemui saat pencacahan (tadi malam menginap).
1.5 Jadwal Pelaksanaan Kegiatan
Jadwal
kegiatan SUPAS2015 menyangkut persiapan, pelaksanaan dan pengolahan adalah
sebagai berikut :
1.5.1 Persiapan
1.
Seminar Hasil
Ujicoba.................................................................................................... Oktober 2014
2.
Rapat
Interdep/Expert Meeting............................................... November - Desember 2014
3.
Rapat
Koordinasi................................................................................ Januari - Desember 2015
4.
Pencetakan
Dokumen SUPAS2015 ......... Februari
2015
1.5.2 Pelaksanaan
Lapangan
1.
Rekrutmen
Petugas ......... Februari - Maret 2015
2.
Workshop
Instruktur Utama........................................................................ Februari 2015
3.
Sosialisasi ..... Maret 2015
4.
Pelatihan
Instruktur Nasional .................................................................... Maret - April 2015
5.
Pelatihan
Petugas Lapangan .................................................................... April
2015
6.
Pelaksanaan
Lapangan ............. Mei
2015
1.5.3 Pengolahan
1.
Pengolahan
data (entry, validasi,
dan tabulasi) Mei - Juli 2015
2.
Penyusunan
Publikasi Penduduk Indonesia September
- Oktober 2015
3.
Seminar Hasil
SUPAS2015 November 2015
4.
Pencetakan
Publikasi Penduduk Indonesia November 2015
5.
Estimasi
Parameter Demografi Januari
- November 2016
6.
Penyusunan
Profil Penduduk Hasil SUPAS2015 Januari
– November 2016
7.
Estimasi Angka
Kematian Ibu Januari
- November 2016
8.
Proyeksi
Penduduk Hasil SUPAS2015 Januari
- November 2017
9.
Analisis
Determinan Hasil SUPAS2015
Januari - November 2017
Badan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik Kota Bekasi (Statistics Bekasi City)Jl. Rawa Tembaga I
No. 6
Bekasi 17141
Telp: 021-88953987
8842757 Fax: 021-88953987 Email: bps3275@bps.go.id
Tentang Kami